badge
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » RECIPE » Langkah demi Langkah memasak CapCay (Sederhana dan Mudah)

Langkah demi Langkah memasak CapCay (Sederhana dan Mudah)

(2874 Views) October 17, 2014 5:20 pm | Published by | No comment

Apa kabar Dunia Kuliner Indonesia? 

Tentunya makin bergelora bukan? Bergelora, he, gitu deh. Begitu banyak Bisnis Kuliner yang mulai memperkenalkan diri into market. Memang benar Bisnis ini begitu menggiurkan, jika Anda mengelolanya dengan tepat, Anda tidak akan kelaparan 😀

Salah satu faktor penting keberhasilan Bisnis ini adalah di Menu, baik dari segi rasa, kecepatan penyajian, kemudahan proses, dan lain sebagainya. Nah kali ini, Saya ingin berbagi satu menu sayuran yang sangat umum, hampir selalu menjadi “panggilan” di setiap meja makan, namun bagi sebagian Owner, lumayan ribet. Apalagi kalau bukan CapCay.

capcay

Posting-an kali ini terinspirasi seorang istri baru, sebut saja inisialnya S, hehe, yang begitu semangat belajar masak disaat kebanyakan people pada umumnya memilih berburu kuliner di luar. That’s ROMANTIC..i think.

Sesuai dengan judulnya, resep kali ini akan sesederhana dan semudah mungkin. Pada gambar diatas, Saya mengkombinasikan 5 jenis sayur dengan 3 pelengkap tambahan (Udang, Ham, dan Kripik Ikan Siap Makan). Namun resep dibawah akan sedikit berbeda, tanpa 3 pelengkap tambahan, agar Anda bisa lebih menguasai teknik sayurnya terlebih dahulu. Anda bisa meng-explore ratusan kreasi CapCay ke depan setelah Anda sudah expert di dasar. Kita mulai saja, intro nya kepanjangan (Gue sadar kalee..) 😛

1. Siapin 5 jenis sayur dasar untuk CapCay. Disini tidak dijelasin lagi belinya dimana, milihnya bijimana, negonya, dll-nya.

broccoli jagung muda Kembang_Kol SAMSUNG DIGITAL CAMERA wortel 1

JAGUNG MUDA / ACAR : Yang paling penting dari sayur ini adalah jangan lupa buka kulitnya dan cukur bulunya (Yang “bertanduk” mulai tertawa). Kalau sudah bersih, potong sesuai selera Anda, bisa bulat / dadu / stik / slice serong. TIPS : Beli yang panjangnya kurang lebih 10cm.

WORTEL : Untuk yang ini, pilih yang tebel, bulet, besar, dan panjang karena lebih nikmat (Sampai sini kalau mikirnya masih ga bener, Saya sarankan banyak ibadah 😛 hehe). Mengapa Saya bilang nikmat? Karena Anda bisa buktikan sendiri, Wortel dengan karakter seperti di atas jika Anda masak, akan menghasilkan tekstur garing namun lembut. Diluar cara masak Anda yang mungkin belum tepat. Semua yang sempurna butuh latihan 🙂 Kalau sudah, kupas, bersihkan, potong sesuai selera seperti Jagung di atas.

CAISIM / SAWI HIJAU : Bersihkan dahulu, biasa Anda akan temukan bagian berlendir / masih bertanah, kecuali Anda beli yang organik. Setelah bersih, pisahkan bagian batang dan daun. Untuk batang caisim, Anda bisa potong ukuran 2-3cm.

KEMBANG KOL : Sayuran ini biasa tersembunyi ulat, tapi tidak sebanyak pada brokoli. Lihat detail penyajian pada brokoli dibawah.

BROKOLI : Sayur kaya manfaat ini memang agak ribet. Anda harus memilih yang bersih, Anda harus memilih yang berwarna hijau indah, dll. Oleh karena itu, disini akan diberi step-by-step pemrosesan Brokoli yang baik.

broccoli seleksi broccoliboil-broccoli broccoli siap saji

Di gambar pertama (paling kiri), Anda mulai menyeleksi, memotong dengan ukuran yang sama.

Gambar kedua, bisa dikategorikan rendam, bisa juga cuci. Direndam dengan air dan beri garam jika ternyata banyak ulat dan kotoran. Fungsi air garam ini untuk melepas ulat dari sayur. Jika Anda rasa sudah bersih, bisa langsung Anda cuci dan tiriskan.

Gambar ketiga, merebus. Rebuslah Brokoli dengan air garam agar berwarna Hijau Segar dan memberi rasa asin yang soft pada brokoli. Pada tahap ini, Anda boleh mengambil satu buah brokoli untuk di tes apakah sudah matang atau belum. Disarankan juga jangan terlalu lama agar tekstur garing dan warna cerah tetap terjaga.

Gambar keempat, memisahkan Brokoli yang telah direbus, karena tidak ikut dimasak. Disini, Anda akan mendapatkan Brokoli Segar yang sudah siap makan. Warna pada batang Brokoli menjadi sedikit transparan.

2. Panaskan minyak di wajan.

Anda bisa juga menggunakan minyak wijen agar lebih harum. Setelah panas minyak dirasa cukup, masukkan wortel dan jagung terlebih dahulu. Setelah kurang lebih 1 menit, masukkan air, garam-gula, kecap asin-kecap manis, merica, dan ini dia rahasianya, kecap inggris / worcestershire sauce. Kecap ini akan memberi rasa dan aroma yang berbeda pada CapCay Anda. Pemakaian kecap ini cukup sedikit saja.

Jumlah air yang Anda masukkan diatas terserah Anda, apakah Anda ingin CapCay Anda berkuah / ingin agak kering.

Diamkan bahan-bahan tersebut sampai mulai mendidih (Air bergelembung), baru masukkan batang caisim dan kembang kol. Biarkan lagi kurang lebih 1 menit.

Nah, ditahapan ini jika Anda ingin CapCay memiliki Kuah yang kental, masukkan larutan maizena di tahap ini.

LARUTAN MAIZENA : Campuran air dan tepung maizena dengan komposisi 3:1.

Menyambung langkah terakhir (diluar Anda menambahkan larutan maizena / tidak), setelah menunggu 1 menit untuk batang caisim dan kembang kol, masukkan daun/sayur caisim, aduk merata dan tunggu sekitar 1 menit lagi, setelah itu, matikan api.

3. Penyajian.

Susun Brokoli yang telah kita rebus tadi diatas piring saji, setelah itu, siramkan semua sayuran di wajan ke atas brokoli tersebut.

CapCay versi Anda sudah siap dihidangkan diatas meja hidang. Anda juga dapat menyiramnya langsung diatas Nasi maupun ifumie yang telah di goreng. Anda bebas berkreasi.

Untuk Restoran, Anda dapat menyajikannya secara terpisah atau paket. Anda bisa menamakannya dengan Nasi CapCay, Ifumie Siram CapCay, apapun.

Bagaimana, mudah bukan?

Mungkin banyak yang kurang lengkap diatas dan memang itu disengaja. Anda harus trial error untuk mendapatkan CapCay Sempurna Anda. Waktu yang tertulis diatas juga harus disesuaikan dengan banyak sedikitnya jumlah bahan. Cicip mencicip itu indah. Proses memasak harus dinikmati karena Anda tidak akan bertahan jika tidak menikmatinya.

KESAN PESAN :

*Jika ada bahasa yang kurang, maksud yang menyinggung, kata-kata yang ambigu, he, mohon maaf sebesar-besarnya. Posting-an ini lebih ke arah FUN LEARNING.

**Bagi Anda pemilik bisnis F&B, Anda merasa kurang puas dengan bisnis Anda sekarang, kami siap membantu di Gel’s Culinary atau di sini.

***Go Indonesia Culinary! Thank You for visiting, reading, sharing, and commenting 😀 xoxo

Tags: , , ,
Categorised in:

No comment for Langkah demi Langkah memasak CapCay (Sederhana dan Mudah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *